PENGERTIAN MANAJEMEN PRODUKSI
Manajemen Operasi dan
Produksi terdiri dari kata manajemen dan operasi/produksi. Para ahli
manajemen, mempunyai banyak definisi tentang manajemen. Manajemen adalah
tindakan atau kegiatan merencanakan, mengorganisir, melaksanakan, mengkoordinasikan dan
mengontrol untuk mencapai tujuan organisasi. Operasi adalah kegiatan untuk
mengubah input menjadi output sehingga lebih berdaya guna daripada bentuk
aslinya. Operasi merupakan salah satu dari fungsi-fungsi yang ada dalam suatu
lembaga. Fungsi lain selain operasi adalah keuangan, personalia, pemasaran,
dan lain-lain. Operasi
inilah yang menentukan kemampuan suatu lembaga melayani pihak luar. Jadi
manajemen operasi merupakan penerapan ilmu manajemen untuk mengatur kegiatan
produksi atau operasi agar dapat dilakukan secara efisien.
Mekasisme atau system
manajemen operasi masing-masing perusahaan berbeda, akan terdapat proses
mengubah bentuk fisik, atau memindahkan (transportasi), menyimpan, memeriksa
dan meminjamkan.
Berdasarkan
beberapa ahli manajemen, pengertian manajemen operasi yaitu:
a. Menurut
Jay Helzer dan Barry Render (2005;4), manajemen operasi adalah serangkaian
kegiatan yang menghasilkan nilai dalam bentuk barang dan jasa dengan mengubah
input menjadi output.
b. Menurut
Pangestu Subagyo (2000;1), manajemen operasi adalah penerapan ilmu manajemen
untuk mengatur kegiatan produksi atau operasi agar dapat dilakuakn secara
efisien.
c. Menurut
Edy Herjanto (2003;2), manajemen oprasi adalah suatu proses yang secara berkesinambungan
dan efektif menggunakan fungsi–fungsi manajemen untuk
mengintegrasikan berbagai sumber daya secara efisien dalam rangka mencapai
tujuan.
|
Jadi, manajemen
operasi merupakan penerapan ilmu manajemen untuk mengatur kegiatan produksi
dan operasi agar dapat dilakukan secara efisien selain itu juga dapat
menghasilkan barang maupun jasa.
Untuk
menciptakan barang dan jasa (produk), semua organisasi bisnis (perusahaan)
paling tidak menjalankan tiga fungsi utama yaitu :
1)
Fungsi
Pemasaran (Marketing Function) yang berhubungan dengan pasar untuk
dapat menciptakan permintaan dan pada akhirnya menyampaikan produk yang
dihasilkan ke pasar.
2)
Fungsi
Keuangan (Finance Function) yang mengelola berbagai urusan keuangan
didalam perusahaan maupun perusahaan dangan fihak luar perusahaan.
3)
Fungsi
Produksi atau Operasi (Operation Function) berkaitan dengan penciptaan
barang dan jasa yang dihasilkan perusahaan.
Menurut Handoko (1994) ada beberapa alasan yang menjadi
dasar mengapa perlu belajar manajemen operasi, diantaranya:
a. Manajemen
Operasi memberikan cara pandang yang sistematik dalam melihat proses-proses
dalam organisasi. Jika hal ini sudah menjadi isu biasa dalam industri
manufaktur, tidak demikian dalam industri jasa. Pemahaman tentang bagaimana
mengelola operasi dengan pendekatan modern ini akan memudahkan kita
menganalisis dan memperbaiki sistem dalam perusahaan atau organisasi
b.
Konsep dan
tools dalam manajemen operasi pada dasarnya dapat dan banyak diterapkan pada
fungsi manajemen yang lain. mengapa demikian? karena setiap fungsi manajemen
juga melibatkan proses dalam pekerjaannya.
c. Bidang
manajemen operasi pun belakangan ini menawarkan karir yang cukup menantang
seperti fungsi manajemen lainnya. Di banyak perusahaan sudah biasa kita
jumpai jabatan manajer operasi, bahkan sampai direktur operasi.
|
No comments:
Post a Comment