TOKOH-TOKOH TEKNIK MANAJEMEN OPERASI DAN PRODUKSI


       Aktivitas produksi harus didasari dengan pertimbangan manajemen yang matang. Dengan hal ini kan tercapai proses produksi yang efektif dan efisien. dalam hal ini ada 5 tokoh teknik manajemen operasi dan produsi sebagai berikut:
1.    Robert Owen (1771-1858)
Robert Owen

Robert owen mempunyai teori tentang perbaikan dan perhatian terhadap faktor-faktor produksi, Robert owen pernah bekerja pada suatu perusahaan pemintal kapas di new Lanark dia mendia mencurahkan semua perhatiannya terhadap faktor produksi, seperti penggunaan alat, traktor dan manusia sebagai tenaga kerja. Menurut hasil pengamatannya disimpulkan bahwa setiap barang seperti mesin diberi perawatan dan pada manusianya di berikan kompensasi (asuransi kerja,tunjangan kesehatan dll) maka hal tersebut akan memberikan dampak yang positif bagi perusahaan dan menguntungkan. Selanjutnya di katakan bahwa kualitas dan kuantitas pekerjaan di pengaruhi oleh faktor intern dan ekstern pekerjaan. Robert owen di kenal sebagai manajemen personalia.

2.    Charles Babbage (1792-1871)

Charles Babbage

Charles Babbage adalah seorang Profesor Matematika dari Inggris dia mencurahkan semua perhatiannya kedalam prinsip manajemen. Charles Babbage memiliki prinsip pembagian kerja (devision of labour), prinsip ini memiliki keunggulan, yaitu:
·    Waktu yang diperlukan untuk belajar dari pengalaman-pengalaman yang baru.
·  Banyaknya waktu yang terbuang bila seseorang berpindah dari satu pekerjaan ke pekerjaan lain akan menghambat kemajuan dan ketrampilan pekerja, untuk itu diperlukan spesialisasi dalam pekerjaannya.
·   Kecakapan dan keahlian seseorang bertambah karena seorang pekerja bekerja terus menerus dalam tugasnya.
·  Adanya perhatian pada pekerjaannya sehingga dapat meresapi alat-alatnya karena perhatiannya pada itu-itu saja.

3.    Frederick Winslow Taylor

Frederick Winslow Taylor

Pertama kali manajemen ilmiah atau manajemen yang menggunakan ilmu pengetahuan di bahas pada tahun 1900an. Taylor adalah manajer dan penasihat perusahaan dan merupakan salah seorang tokoh terbesar manajemen. Taylor dikenal sebagai bapak manajemen ilmiah (scientifick management). Taylor mempunyai teori tentang teknik manajamennya yaitu, “a bag of tricks”, untuk meningkatkan efisiensi kerja organisasi. Kontribusi terhadap perkembangan teori tersebut adalah perkembangan teknik-teknik riset operasi, simulasi, otomatisasi, dan sebagainya dalam memecahkan masalah-masalah manajemen.
                        Taylor mengemukakan empat prinsip Scientific Management:
a)    Menghilangkan sistem coba-coba dan menerapkan metode-metode ilmu             pengetahuan disetiap unsur-unsur kegiatan.
b)   Memilih pekerjaan terbaik untuk setiap tugas tertentu, selanjutnya           memberikan latihan dan pendidikan kepada pekerja.
c)    Setiap petugas harus menerapkan hasil-hasil ilmu pengetahuan di dalam menjalankan tugasnya.
d)   Harus dijalin kerja sama yang baik antara pimpinan dengan pekerja.
                       
Taylor salah satunya adalah mengenai posisi manajer. Dimana manajer adalah pelayan bagi bawahannya yang bertentangan dengan pendapat sebelumnya yang mengatakan bahwa bawahan adalah pelayan manajer.

4.    Henry Laurance Gantt (1861- 1919)
Henry Laurance Gantt

Henry merupakan asisten dari Taylor, dia berdiri sendiri sebagai seorang konsultan, dimana titik perhatiannya pada unsur manusia dalam menaikkan produktivitas kerjanya. Adapun gagasan yang dicetuskannya yaitu:
a)         Kerja sama yang saling menguntungkan antara manajer dan tenaga kerja untuk mencapai tujuan bersama
b)        Mengadakan seleksi ilmiah terhadap tenaga kerja.
c)         Pembayar upah pegawai dengan menggunakan sistem bonus.
d)        Penggunaan instruksi kerja yang terperinci.

5.    Harrington Emerson (1853-1931)
Harrington Emerson

    Prinsip pokoknya adalah tentang tujuan, dimana dari hasil penelitiannya menunjukkan kebenaran prinsip yaitu bahwa uang akan lebih berhasil bila mengetahui tujuan penggunaannya. Dua belas prinsip efisiensi untuk mengatasi pemborosan dan ketidak-efisienan.


Demikian, Terima kasih telah berkunjung. Semoga Bermanfaat !! :)

No comments:

Post a Comment